Pengertian HTML, Sejarah, Fungsi Serta Macam - Macamnya

HTML (Hypertext Markup Language) adalah
Pengertian HTML, Sejarah, Fungsi Serta Macam - Macamnya

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa markah standar yang digunakan untuk membuat halaman web. HTML memberikan struktur dan arti pada konten web, dan mengelompokkan elemen-elemen seperti teks, gambar, dan video. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian HTML, fungsi HTML, serta sejarahnya. 

Pengertian HTML

HTML adalah bahasa markah standar yang digunakan untuk membuat halaman web. HTML digunakan untuk mengelompokkan dan menampilkan elemen-elemen dalam halaman web seperti teks, gambar, dan video. HTML menggunakan tag-tag atau kode-kode tertentu yang diletakkan di dalam tanda kurung siku (< >) untuk mengelompokkan dan menampilkan elemen-elemen tersebut. 

Fungsi HTML

Fungsi utama HTML adalah untuk memberikan struktur dan arti pada konten web. Dengan menggunakan tag-tag HTML, elemen-elemen di dalam halaman web dapat dikelompokkan menjadi bagian-bagian seperti paragraf, judul, tabel, daftar, dan lain-lain. Selain itu, HTML juga digunakan untuk membuat tautan atau hyperlink, yang memungkinkan pengguna untuk berpindah dari satu halaman web ke halaman web lainnya. 

HTML juga berfungsi untuk memudahkan aksesibilitas dan optimasi mesin pencari. Dengan memberikan struktur dan arti pada konten web, mesin pencari seperti Google dapat lebih mudah mengenali dan menampilkan halaman web pada hasil pencariannya. Selain itu, HTML juga dapat digunakan untuk membuat halaman web yang responsif, yang dapat diakses dengan mudah dari berbagai perangkat seperti komputer desktop, laptop, tablet, dan smartphone.

Sejarah HTML

Sejarah HTML bermula pada tahun 1989, ketika seorang ilmuwan komputer bernama Tim Berners-Lee di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) menciptakan konsep World Wide Web (WWW). Pada awalnya, Berners-Lee hanya menggunakan sebuah teks editor sederhana untuk membuat halaman web, namun ia merasa perlu untuk membuat sebuah bahasa markah yang lebih terstruktur dan mudah digunakan. 

Pada tahun 1990, Berners-Lee dan temannya Robert Cailliau menciptakan HTML versi pertama. HTML versi pertama hanya terdiri dari 18 tag, yang dirancang untuk memberikan struktur pada dokumen hypertext. HTML versi pertama juga belum memiliki kemampuan untuk menampilkan gambar dan video.  Sejak itu, HTML terus berkembang dan diupdate oleh W3C (World Wide Web Consortium).

HTML 2.0 diperkenalkan pada tahun 1995, dan menyediakan tag-tag baru untuk membuat tabel, formulir, dan daftar. HTML 3.2 diperkenalkan pada tahun 1997, dan menyediakan tag-tag baru untuk membuat lapisan (layer), kerangka (frames), dan gaya (style).  HTML 4.01 diperkenalkan pada tahun 1999, dan menjadi standar HTML yang paling populer hingga saat ini.

HTML 4.01 memiliki kemampuan untuk menampilkan gambar dan video, serta mendukung gaya CSS (Cascading Style Sheets). HTML 5 diperkenalkan pada tahun 2014, dan merupakan versi terbaru HTML hingga saat ini

إرسال تعليق

1. Komentar ini, diurutkan dari yang terbaru
2. Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan
3. Apabila ada pertanyaan diluar artikel silahkan kunjungi Ruang Obrolan.
4. Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi via Email ketika ada balasan
Masukkan URL Gambar atau Potongan Kode, atau Quote, lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image quote pre code
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.