Pengertian WWW, Serta Sejarahnya

   
Pengertian WWW, Serta Sejarahnya

Pengertian WWW, Serta Sejarahnya

Pengertian WWW (World Wide Web) adalah
Pengertian WWW, Serta Sejarahnya

Pengertian Www

Pengertian WWW (World Wide Web) adalah sebuah sistem informasi global yang menghubungkan berbagai macam dokumen multimedia seperti teks, gambar, audio, dan video melalui Internet. WWW adalah bagian penting dari internet yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dari berbagai belahan dunia melalui browser web. Sejarah WWW dimulai pada tahun 1989 ketika seorang ilmuwan komputer bernama Tim Berners-Lee yang bekerja di CERN, Swiss, memperkenalkan konsep WWW. 

Berners-Lee ingin menciptakan sebuah sistem informasi yang dapat digunakan oleh semua orang, tidak hanya oleh para ilmuwan komputer. Ide awal Berners-Lee adalah untuk membuat sistem yang akan memungkinkan para ilmuwan di seluruh dunia untuk berbagi informasi melalui jaringan komputer. Dalam sistem informasi yang diciptakan Berners-Lee, setiap dokumen atau halaman web memiliki sebuah alamat yang unik yang disebut URL (Uniform Resource Locator).

URL ini memungkinkan pengguna untuk menemukan dan mengakses dokumen atau halaman web tersebut melalui browser web. Pada tahun 1991, Berners-Lee memperkenalkan HTML (Hypertext Markup Language), sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web. HTML memungkinkan pembuatan halaman web yang lebih kompleks dengan menggunakan tautan antara halaman web, gambar, dan teks.

Setelah beberapa tahun, banyak perusahaan mulai membuat browser web, seperti Netscape Navigator, Microsoft Internet Explorer, dan Opera. Perkembangan browser web ini memudahkan pengguna untuk mengakses dan menjelajahi halaman web. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi WWW terus berkembang dengan pesat.

Penggunaan internet semakin meluas dan banyak aplikasi web yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan hiburan. Salah satu contohnya adalah situs e-commerce yang memungkinkan pengguna untuk berbelanja secara online. Dalam kesimpulannya, WWW adalah sebuah sistem informasi global yang menghubungkan berbagai macam dokumen multimedia seperti teks, gambar, audio, dan video melalui Internet. 

Sejarah WWW

Sejarah WWW dimulai pada tahun 1989 ketika seorang ilmuwan komputer bernama Tim Berners-Lee mengajukan konsep untuk sistem informasi global saat bekerja di CERN (Organisasi Eropa untuk Penelitian Nuklir) di Jenewa, Swiss. Konsep ini bertujuan untuk membuat sistem yang dapat menghubungkan dokumen dari seluruh dunia. Tim Berners-Lee kemudian mengembangkan HTML dan HTTP untuk mendukung sistem ini.

Pada tahun 1991, WorldWideWeb (W3) merupakan program pertama yang dirancang untuk mengakses informasi dari internet melalui protokol HTTP. Program ini kemudian dikembangkan menjadi web browser pertama yang dapat diakses oleh pengguna. Pada tahun yang sama, Tim Berners-Lee memposting proyeknya di Usenet, sebuah forum internet, untuk meminta dukungan dari pengembang lain di seluruh dunia.

Pada tahun 1993, web browser Mosaic dirilis oleh National Center for Supercomputing Applications (NCSA) yang mengintegrasikan gambar dan teks dalam satu halaman. Mosaic menjadi populer dan merubah cara pengguna internet mengakses informasi. Pada tahun 1994, Netscape Navigator dirilis dan menjadi web browser yang paling populer di dunia selama beberapa tahun.

Sejak saat itu, WWW terus berkembang dengan munculnya berbagai teknologi dan platform seperti CSS, JavaScript, AJAX, dan lainnya. Pada tahun 2004, Tim Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) untuk mengembangkan standar dan protokol untuk WWW dan memastikan bahwa semua web browser dapat berfungsi dengan baik. 

Kesimpulan

World Wide Web (WWW) adalah sistem informasi global yang menghubungkan dokumen dari seluruh dunia melalui internet. WWW menggunakan protokol HTTP dan dokumen HTML untuk mentransfer informasi antara server dan komputer pengguna. Sejarah WWW dimulai pada tahun 1989 ketika Tim Berners-Lee mengajukan konsep sistem informasi global. Sejak saat itu, WWW terus berkembang dengan munculnya teknologi baru dan platform seperti CSS,

Last update
Add Comment

Kami memiliki kebijakan dalam berkomentar di Blog ini :

— Dilarang promosi suatu barang
— Dilarang jika memasang link aktif di komentar
— Dilarang keras melakukan promosi iklan
— Dilarang menulis komentar yang berisi sara, bully atau cemuhan

NB :Komentar yang melanggar tidak akan ditampilkan

Kebijakan komentar yang bisa Anda temukan selengkapnya disini

Dukungan :

Jika menyukai dengan artikel blog kami, silahkan Ikuti blog ini