Close x

~SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT~

Memasang ChatGPT di Blogger Dengan API Key

"Installing ChatGPT on Blogger with API Key"

3 min read

Assalamualaikum pada kali ini saya akan share tutorial lagi kepada kalian yang mana tutorial ini saya dapat dari elcreativeacademy.com yang mana Cara Memasang Chat Open AI Di Blogger Menggunakan API Key.

Dimana beberapa waktu lalbanyak yang membicarakan mengenai Chat Open AI ini yang mana sebuah chat yang bisa menjawab pertanyaan para pengguna, di tambah lagi kalau Chat Open AI ini menggantikan para blogger yang mana untuk masalah membuat konten. 

Saya baru tau kalau Chat Open AI ini sendiri bisa dipasang di Blogger dimana menggunakan API Key dengan tambahan modifikasi dengan CSS maka akan terlihat bagus apa bila di pasang di blog kita. 

Apa itu Open AI?

ChatGPT adalah salah satu implementasi dari model GPT-3 (Generative Pre-trained Transformer 3) yang dikembangkan oleh OpenAI. GPT-3 merupakan salah satu model kecerdasan buatan (AI) terbesar dan paling canggih yang ada saat ini. Model ini menggunakan metode deep learning yang disebut "transformer" untuk mengolah teks dan memahami bahasa manusia.

Proses pelatihan ChatGPT dimulai dengan memberikan data teks yang sangat besar dan beragam kepada model. Data tersebut bisa mencakup artikel, buku, percakapan, dan berbagai konten lainnya dari berbagai sumber di internet. Selama proses pelatihan, model secara otomatis mengeksplorasi pola-pola bahasa yang ada dalam data tersebut untuk memahami tata bahasa, struktur kalimat, dan konteks makna dalam berbagai kalimat.

Setelah pelatihan selesai, ChatGPT menjadi model yang "pre-trained" atau telah memahami banyak aspek bahasa manusia. Namun, model ini belum memiliki pengetahuan tentang detail spesifik dari dunia nyata yang lebih baru daripada tanggal pemutusan pengetahuan saya pada September 2021.

Ketika Anda berinteraksi dengan ChatGPT, percakapan Anda dianalisis oleh model untuk mengenali pola dan makna dari pertanyaan atau pernyataan yang Anda berikan. Model ini kemudian menghasilkan respon berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajarinya selama tahap pre-training dan menghadirkan respons yang sesuai dengan masukan Anda.

Meskipun ChatGPT memiliki kecerdasan dalam memahami bahasa dan memberikan respons yang kontekstual, perlu diingat bahwa model ini beroperasi secara statistik berdasarkan pola yang dipelajari dari data pelatihan, dan bukan merupakan entitas yang benar-benar memiliki pemahaman dan kesadaran seperti manusia.

Demikianlah penjelasan secara lebih rinci tentang ChatGPT. Semoga ini membantu Anda memahami bagaimana model ini berfungsi dan apa yang mendasarinya dalam berinteraksi dengan Anda.

Tampilan Chat AI GPT di Blogger

Untuk tampilan nya ChatGPT ini bisa dilihat dan di uji coba pada demo berikut ini.

Apabila lama tidak membalas itu artinya server sedang sibuk atau lainnya atau bahkan server sedang gangguan. 

Memasang ChatGPT di Blogspot Dengan API Key

Untuk memasang nya di blogspot maka yang harus kalian lakukan adalah mendapatkan API Key nya dulu untuk langkah nya bisa mengikuti cara nya di bawah ini :

HTML Code
<link rel="stylesheet" href="https://cdn.jsdelivr.net/gh/elhakimyasya/Contoh-Kode@499c89b6039eef8c034b65c9d936e95c557f0503/dist/chat-gpt.css" rel="preload" /> <div class="elcreative-chatgpt"></div> <script src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/elhakimyasya/Contoh-Kode@499c89b6039eef8c034b65c9d936e95c557f0503/dist/chat-gpt.js"></script> <script> bloggerChatGPT({ elementContainer: '.elcreative-chatgpt', config: { apiKey: 'API_KEY_CHATGPT', minCharacter: JUMLAH_KARAKTER_MINIMAL, imageUser: 'URL_GAMBAR_USER', imageBot: 'URL_GAMBAR_BOT', }, }); </script>

Dalam Open AI ini sendiri terdapat API Key yang mana bisa digunakan untuk para developer mengembangkan nya. Langsung aja berikut ini adalah cara mendapatkan nya. 

  1. Langkah pertama buka API Key Open AI kemudian masuk dengan Akun kalian, bila belum punya akun silahkan daftar lebih dahulu
  2. Selatjutnya klik Create New secret key
  3. Dimana kalian akan Pup Up yang mana disuruh memasukan nama API ini
  4. Selanjutnya akan muncul Kode API ini, untuk kode nya sendiri hanya muncul satu kali jadi kalian simpan di Notepad dulu untuk jaga - jaga

Menerapkan Open AI di Blogspot

Untuk menyiapkan style pada blog maka kita harus membuat dulu halaman atau postingan pada blog agar bisa menerapkan nya, apabila sudah menyiapkan nya maka bisa gunakan kode html di bawah ini. 

Perlu kalian ingat juga ada beberapa hal konfigurasi nya yang harus diubah seperti yang ada di bawah ini. 

  1. apikey - ubah dengan kode api yang kamu dapatkan tadi atau Api Chat GPT ini
  2. minCaracter - itu adalah jumlah karakter yang ada di chat tersebut, itu harus angka ya sobat jangan teks atau simbol
  3. imageUser - ubah aja url nya yang mau di pakai di chat nya
  4. imagebot - kalian masukan image urlnya juga jangan lupa ya sobat


Dari mungkin sudah cukup jelas ya untuk keterangan nya sobat. 
Post a Comment