Keluyuran di Tuban Episode 1: Pesona Air Terjun Putri Ngelirip Tuban & Mitos nya

Table of Contents
air terjun putri ngelirip


Kota Tuban dikenal juga dengan julukan Bumi Wali juga memiliki tempat wisata pantai yang indah, mulai dari pantai semilir, pantai cemara, pantai kelapa dan masih banyak lagi. Akan tetapi di Tuban juga memiliki wisata air terjun yang indah lho yang letak nya itu di area Tuban selatan perbatesan dengan Area Bojonegoro.


Air Terjun Putri Ngelirip namanya yang mana berada di Desa Jojogan Mulya Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Karena saya juga dari lamongan selatan jadi lebih dekat itu apabila berangkat melalui bojonegoro karena hanya membutuhkan 1 jam 40 menit perjalanan nya. 



Saya tidak sendiri kesana karena ditemani teman saya ngluyur yang namanya adalah toriq. Karena penasaran dengan Air Terjun Putri Nglirip ini akhirnya saya berangkat pada hari sabtu kemarin dan itu pun berangkat pagi banget untuk menghindari macet dan wisata ramai. 


Karena saya menggunakan Google map untuk penunjuk arah ya jadi saya tidak bisa menerangkan secara detail jalan mana yang saya lewati karena tau sendiri lah kalian kalau pakai Google Map itu seperti apa.


Air terjun putri nglirip tuban


Untuk kalian dari lamongan selatan seperti ngimbang dan sukorame lebih baik kalian lewat Kedungadem Bojonegoro karena itu lebih cepat ketimbang lewat melalui Babat maka akan muter lebih jauh lagi. 



Saya dari sini berangkat jam 06.30 dan sampai sana pun sampai jam 08.30 karena perjalanan nya dari lamongan ke area Air Terjun Putri Nglirip adalah 1 jam 40 menit. 


Harga Tiket Masuk Air Terjun Putri Ngelirip

Air terjun putri nglirip tuban


Apakah tiket masuk air terjun putri nglirip ini mahal? Tentu tidak Air Terjun Putr Nglirip ini hanya 8 ribu untuk anak - anak hanya 3 ribu saja. 


Sedangkan untuk parkir nya sendiri hanya bayar 5 ribu saja persepeda motor nya. Kalau pribadi sih ini terbilang sangat murah karena menikmati pemandangan air terjun seindah itu tidak harus mahal kan.


Air terjun ngelirip tuban


Kalau di total semua itu 15 ribu perorang sudahlah cukuplah, jadi kalau mau kesana lebih baik berdua atau rombongan. 


Fasilitas Air Terjun Putri Ngelirip Tuban

Air terjun putri nglirip tuban


Apabila kalian sudah membeli tiket masuk disana maka akan di kasih vocher Wifi yang mana bisa menggunakan nya pada saat di Air Terjun Putri Nglirip ini. 


Kalian akan mendapatkan vocher ketika membeli tiket masuknya, tidak hanya itu saja apabila kalian kelaparan di dekat air terjun tersebut ada banyak tempat makan yang bisa kalian pilih. 



Jika vocher wifi habis kalian bisa membeli nya pervocher dengan harga 1 ribu rupiah untuk 3 jam.


Untuk harga makanan dan minuman disana masih standar lah seperti di pedesaan sepwrti hal nya kopi dan es aja hanya 4 ribuan sedangkan makanan nya itu seperti rujak itu hanya 10 ribu saja. 


Kalau di hitung kesana kalian kalau berdua cukuplah 100 ribuan itu pun tidak lah semua kepakai. 


Mitos dan Sejarah Air Terjun Putri Ngelirip Tuban

Air terjun putri nglirip tuban


Mitos dari air terjun nglirik ini yang berkembang di masyarakat tuban ialah kalau kalian ingin berkunjung kesana lebih baik tidak membawa pasangan karena akan putus tidak kurang dari 40 hari. 


Ini karena legenda pada zaman kuno dulu yang mana ada seseorang yang mencintai dari kasta yang berbeda yang mana laki - laki dari pasangan kasta bangsawan sedangkan yang perempuan adalah kalangan petani biasa. 


Karena pasangan kedua ini tidak disetujui oleh kedua orang tua nya maka ayah mengutus perajurit untuk membunuh anaknya sendiri karena tidak menuruti keinginan dari ayahnya dan akan memalukan keluarganya bangsawan. 


Karena gadis itu tidak percaya kalau sang lelaki itu telah tiada maka gadis tersebut memilih untuk semedi di dalam goa yang ada di area Air Terjun Putri Nglirip ini.



Gadis ini bersemedi hingga akhir khayat nya oleh karena ini banyak yang mengtakan kalau arwah sang gadis di air terjun tersebut membawa kutukan disekitar air terjun nglirip yang mana warga sekitar menyebut nya Putri Nglirip.


Itulah cerita rakyat yang saya rangkum dari beberapa sumber karena saya sendiri tidak sempat untuk bertanya kepada masyarat sekitar. 


Apabila kalian ingin tahun baruan ke tempat ini sangat lah pas karena tempatnya ini sepi dan tenang. 


Akhir Kata


Itulah sedikit cerita saya Kluyuran di Tuban : Wisata Air Terjun Putri Ngelirip, apabila ingin bertanya bisa langsung di kolom komentar yang ada di bawah gaes.


Sedikit saran dari saya untuk kalian dari selatan lebih baik lewat bojonegoro karena air terjun ini lebih dekat di area sidoarjo ketimbang area tuban kota karena ini di pelosok desa tempat nya. 

4 comments

Kami memiliki kebijakan dalam berkomentar di Blog ini :

— Dilarang promosi suatu barang
— Dilarang jika memasang link aktif di komentar
— Dilarang keras melakukan promosi iklan
— Dilarang menulis komentar yang berisi sara, bully atau cemuhan

NB :Komentar yang melanggar tidak akan ditampilkan

Kebijakan komentar yang bisa Anda temukan selengkapnya disini

Dukungan :

Jika menyukai dengan artikel blog kami, silahkan Ikuti blog ini
Comment Author Avatar
10/03/2023 9:39 am Delete
Pernah ke sini sambil nggendong anak. Walah, pas naik lumayan ngos-ngosan. Tapi emang cantik air terjunnya...
Comment Author Avatar
10/03/2023 11:12 am Delete
Apa pernah kesini mbk
Comment Author Avatar
10/03/2023 2:31 pm Delete
Bolak balik ke Tuban tapi belum pernah melipir kesini. Next harus disempetin kayaknya
Comment Author Avatar
10/03/2023 4:21 pm Delete
Masa tidak pernah kesini mbak, ini lokasi nya mencil karena di tuban barat perbatesan bojonegoro